Berdukanya Sepak Bola Indonesia di Bulan September

Baru-baru ini dunia sepak bola Indonesia kembali berduka. Pasalnya salah satu suporter tim sepak bola Indonesia diberitakan tewas setelah mengalami pengeroyokan yang dilakukan oleh sekelompok orang tidak bertanggung jawab.

Haringga Sirla (23) harus tewas mengenaskan saat menonton tim bola kesayangannya ketika bertanding melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu, 23 September lalu.

Kronologis cerita diawali ketika para penonton mulai memasuki area Pintu Biru Stadion GBLA sebelum pertandingan berlangsung. Saat itu ada sekelompok oraang yng menyerukan bahwa ada `The Jak`, atau sebutan untuk suporter Persija. Mendengar seruan tersebut sontak korban langsung dikeroyok.

Menurut kesaksian sebelumnya korban sempat kabur dari orang-orang yang berusaha untuk menghabisinya dan meminta pertolongan kepada salah seorang pedagang bakso. Namun naas di belakangna sudah ada suporter Persib yang siap menghadang membawa pipa yang kemudian digunakan untuk memukuli tubuh korban.

Dengan beringas mereka langsung mengeroyok dan menganiaya korban dengan berbagai alat berukuran panjang seperti pipa maupun batang kayu. Tak lama setelah itu Haringga Sirla langsung menghembuskan napas terakhir di tempat kejadian perkara.

Peristiwa ini tentu mengundang banyak reaksi keras dari beberapa kalangan. Mulai dari pesepakbola terkenal asal Indonesia yang menyayangkan perbuatan suporter Persib Bandung yang sangat tidak bertanggung jawab.

Haringga Sirla

Bambang Pamungkas bahkan merespon salah satu tweet netizen yang mengatakan jika liga di Indonesia lebih baik dibekukan saja daripada terus memakan korban. Baginya sportifitas dalam pertandingan sepak bola harus dijunjung tinggi dan rivalitas ditujukn untuk menyemangati dan terus berprestasi. Bukan untuk ajang saling menjatuhkan apalagi sampai memakan korban nyawa.

Di lain pihak, walikota Bandung sendiri, Ridwan Kamil menyatakan hal senada dengan Bambang Pamungkas. Lebih baik Indonesia tidak mempunyai liga sepak bola jika liga tersebut hanya membawa dampak negatif. Beliau yang lebih terkenal disapa Kang Emil menyampaikan ungkapan bela sungkawa yang sebesar-besarnya kepada keluarga korban dan sangat menyesalkan kejadian tidak berperikemanusiaan tersebut.

Beberapa artis seperti Ari Untung menunjukkan kegeramannya dengan mengunggah gambar di akun instagramnya yang berupa kerumunan suporter sepak bola yang membawa bendara Indonesia namun dengan nuansa gelap disertai caption yang cukup dalam.

Caption tersebut langsung mendapatkan banyak respon dari netizen terutama oleh para pemain judi bola. Dari kejadian ini membuat kita belajar bahwa fanatisme yang berlebihan tidak membawa kebaikan apa-apa. Semoga tidak ada Haringga lain yang akan kembali terjadi setelah ini.

Peristiwa yang membuat banyak orang berduka ini menjadi sorotan public saat ini. banyak orang yang beranggapan bahwa memang, Indonesia secara umum memang belum siap untuk bisa tampil dengan baik dalam laga sepak bola karena fans dan penggemar yang kurang dewasa dalam menyikapi hasil pertandingan itu sendiri.